5 Hal tentang Jimmy Wales, Pendiri Wikipedia

TEMPO.CO, JakartaJimmy Wales pebisnis dan pendiri Wikipedia dan Wikimedia Foundation. Ia lahir 7 Agustus 1966. Nama lengkapnya Jimmy Donal Wales lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat.

Majalah Forbes memberi dia peringkat sebagai Web Celeb, Jimmy Wales pengusaha Internet Amerika Serikat, pelopor wiki dan teknologi. Ia terkenal sebagai pendiri Wikipedia, ensiklopedia konten kolaboratif internasional di Internet, dan Wikimedia dasar. Dia juga salah satu pendiri Wikia, layanan hosting web gratis milik pribadi yang ia dibuat pada 2004.

Tentang Jimmy Wales

1. Masa muda Jimmy Wales

Jimmy Wales lulus sekolah pada usia 16 tahun. Ia melanjutkan kuliah di Auburn University dalam bidang keuangan. Di sana ia mendapat gelar sarjananya. Dikutip dari Britannica, setelah mendapat gelar sarjananya, Jimmy Wales melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar master di University of Alabama dalam bidang keuangan.

2. Karier Jimmy Wales

Bersama dengan kedua rekannya, Tim Shell dan Michael Davis, Jimmy memulai perusahaan bernama Bomis pada 1996. Bomis perusahaan Internet yang berfokus  pembuatan proyek ensiklopedia online atau daring gratis yang didorong oleh fakta seperti Nupedia dan Wikipedia. Pada 2007, perusahaan ini telah mentransfer sumber dayanya ke yayasan Wikimedia, kemudian ditutup.

3. Nupedia

Jimmy Wales membuat ensiklopedia online bernama Nupedia pada Maret 2000. Dikutip dari laman History Computer, artikel-artiikel Nupedia ditulis para sukarelawan. Semua artikel diulas oleh editor sebelum diterbitkan. Saat itu, Jimmy merasakan banyak kecemasan sebelum mempresentasikan artikelnya.

Iklan

Meski merasa nyaman dengan materi pelajaran, ia merasa tertekan dengan proses review. Saat itulah Jimmy Wales menyadari Nupedia tidak akan berfungsi jika orang khawatir tentang kontribusi, karena ulasan dan kritik, maka orang tidak akan memposting.

Baca Juga  Kronologi Serangan Drone Ukraina ke Rusia, Rusak dua Menara Perkantoran dan Lumpuhkan Bandara Internasional

4. Wikipedia

Situs ini ensiklopedia online gratis dalam berbagai bahasa yang dikelola oleh komunitas sukarelawan. Situs ini diluncurkan pada 15 Januari 2001. Di Wikipedia, bisa dibuka untuk edit. Mereka adalah komunitas yang mengatur dan membangun fondasi Wikipedia. Situs ini adalah hal terdekat yang dimiliki dengan kumpulan informasi.

5. Wikimedia

Wikimedia organisasi nirlaba dengan tujuan mengembangkan dan memelihara konten terbuka. Itu multibahasa, proyek berbasis wiki dan menyediakan konten lengkap dari proyek tersebut kepada publik secara gratis.

Pilihan Editor: Pendiri Wikipedia: Situs ini Sudah tidak Bisa Dipercaya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *