Empat Hari Digelar, Omzet Penjualan ‘Jumat Beli Lokal’ di Jakarta Timur Tembus Rp 112 Juta

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Rendy Rutama Putra

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG – Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Sudin PPKUKM) Jakarta Timur menyampaikan omzet penjualan dalam agenda Jumat Beli Lokal (JBL) mencapai Rp 112 Juta.

Kepala Seksi Perdagangan Sudin PPKUKM Jakarta Timur Partini mengatakan omzet tersebut didapat selama digelarnya acara sejak Jumat (27/10/2023)-Senin (30/10/2023).

Walaupun Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur tidak menargetkan omzet penjualan.

“Selama empat hari pelaksanaan JBL di Jakarta Timur, hasil penjualan terhimpun mencapai Rp 112,037 juta,” kata Partini ketika dikonfirmasi, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar: Program ACT untuk Bantu Turunkan Angka Stunting di Indonesia

Partini menuturkan, kegiatan yang sebelumnya diresmikan Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar itu diikuti 127 pelaku UKM dengan 279 item komoditi yang terbagi dalam produk kuliner 209 item, fashion 18 item dan kriya 35 item juga lainnya tujuh item.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan roda perekonomian di Jakarta Timur, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ketika awal digelar, Anwar melakukan live JBL melalui kanal Youtube sebagai satu upaya untuk membangkitkan ekonomi, khususnya para pelaku UMKM yang saat pandemi Covid 19 mengalami permasalahan ekonomi. 

Dalam live tersebut, Anwar mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk lokal di JBL untuk membantu memberdayakan lebih kurang 62.000 pelaku UMKM di Jakarta Timur yang menjual berbagai macam produk seperti kuliner, hingga produk kerajinan tangan, hingga pakaian.

Baca juga: Pemkot Jaktim Wajibkan Perusahaan Pasang Alat Kabut Air Guna Mengurangi Polusi Udara

“Upaya apapun kita lakukan untuk memajukan ekonomi Jakarta Timur terutama UMKM. Saya harapkan warga Jakarta Timur mendukung upaya kami dengan berbelanja di Jumat Beli Lokal sampai dengan 30 Oktober,” Tutur Anwar.

Baca Juga  Mahfud MD Soroti Banyak Kasus Krusial Tenggelam di Indonesia 

Anwar menuturkan JBL sudah berlangsung hingga dua tahun, dan berdampak terhadap perkembangan secara ekonomi dapat dirasakan di Jakarta Timur.

“Alhamdulillah sejauh ini, contohnya tahun lalu cuma 3.000 sekian yang aktif, bulan demi bulan terus bertambah karena mereka (pelaku UMKM) sudah merasakan manfaatnya,” pungkas Anwar. (m37)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *