Kebakaran Hanguskan 15 Hunian dan Tempat Pengasinan Ikan di Pluit

TEMPO.CO, JakartaKebakaran menghanguskan sebanyak 15 petak bangunan yang berfungsi sebagai hunian sekaligus tempat menjemur ikan asin di Jalan Pengasinan, Blok H, RW 22, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu siang, 12 Agustus 2023. Bangunan umumnya semi permanen dengan material dominan bambu, kayu, dan papan triplek.

Satu petugas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan yang ada di lokasi, Sugiman, menjelaskan mendapat informasi adanya kebakaran pukul 10.50 WIB. Sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran beserta 25 personelnya kemudian meluncur pertama ke lokasi. Total, butuh 23 unit mobil pemadam dengan 115 personel untuk bisa menjinakkan api selama kurang lebih dua jam.

“Dugaan sementara api dari aliran listrik, namun kami belum bisa memastikan itu dari mana,” kata Sugiman sambil menambahkan, “Masih dalam penyidikan kepolisian.” 

Dia menerangkan, sebanyak 23 unit mobil pemadam tersebut tiga di antaranya bala bantuan dari wilayah Jakarta Barat. Mereka mengalami kesulitan karena sumber air yang dianggap sangat jauh serta akses jalan yang sempit. “Warga juga semrawut, jadi kurang kondusif awalnya,” kata Sugiman.

Satu di antara korban kebakaran itu adalah Data (47). Tempat pengasinan ikan miliknya habis dilalap api. Menurut dia, warga setempat telah berusaha memdamkan kebakaran menggunakan air dalam ember sambil menunggu kedatangan petugas pemadam. “Terlambat itu datangnya,” kata dia.

Iklan

Keterangan yang didapat dari Data dan beberapa warga lainnya, sumber kebakaran berasal dari sebuah bangunan yang menjadi rumah kontrakan di lingkungan itu. Api, seperti teramati oleh TEMPO yang sedang berada di lokasi, memang berasal dari sebuah hunian sebelum kemudian cepat merambat karena embusan angin yang cukup kuat.

NUR KHASANAH APRILIANI

Baca Juga  Ditonton Lebih 1 Juta Orang, Film 'Badarawuhi di Desa Penari' dan 'Siksa Kubur' Jadi Film Box Office

Pilihan Editor: Pria 59 Tahun Ditangkap Polisi Karena Sebar Hoax Peserta Demo Buruh Ditusuk Aparat



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *