Pengamat: Probowo Butuh Kepastian Demokrat, Golkar dan PAN Lebih Dekat dengan Jokowi

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA–Prabowo Subianto tercatat sudah dua kali bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah Pemilu 2024.

Prabowo dinilai ingin memastikan dukungan Partai Demokrat terhadap pemerintahannya kelak.

Prabowo, yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka berpeluang besar memenangi Pilpres 2024.

Hasil pemungutan suara yang dilakukan oleh KPU, menunjukkan pasangan yang didukung Presiden Joko Widodo ini menang dalam satu putaran.

Berdasarkan data real count Senin (26/2/2024) pukul 10.00 WIB Prabowo-Gibran memperoleh 58,84 suara.

Disusul oleh pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan duet nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, masing masing 24,43 persen dan 16,73 persen.

Koalisi dan koalisi

Itu sebabnya jauh-jauh hari sebelumnya menyusun kerangka pemerintahannya, termasuk dalam menyusun kabinet, Prabowo ingin memastikan dukungan partai politik.

Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menjelaskan Prabowo butuh dukungan penuh dari Demokrat karena dua partai politik pengusung lainnya, yakni Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional cenderung lebih dekat dengan Presiden Joko Widodo.

“Prabowo juga ingin memastikan dukungan Partai Demokrat lewat SBY, dukungan penuh dan total,” kata Adi Prayitno.

Sejauh ini Prabowo dinilai tidak terlalu mampu mengonsolidasikan Partai Golkar dan PAN, padahal ia mempunyai tugas untuk menyusun postur kabinet periode 2024-2029 mendatang, jika sudah disahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang.

Baca juga: Setelah Bertemu dengan SBY, Prabowo Beri Sinyal akan Menemui Megawati Demi Bangsa

Oleh sebab itu, Adi menilai bahwa Prabowo butuh kepastian dari SBY bahwa Demokrat akan tegak lurus kepada dirinya, bukan kepada pihak lain termasuk Jokowi.

“Ini kan prakondisi untuk membentuk postur kabinet di masa yang akan datang, kan memang publik melihat seakan-akan ada koalisi dalam koalisi,” imbuhnya seperti dilansir Kompas.com, Senin (26/2/2024).

Baca Juga  Tiga Ruas Jalan di Jakarta Tergenang Akibat Hujan Deras, Isnawa Adji Kerahkan Personel ke Lapangan

Dia mengatakan, pertemuan Prabowo dan SBY diduga kuat turut membicarakan topik penyusunan kabinet.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *