PMI Jaksel Lantik Ribuan Anggota PMR di Ajang South Jakarta Youth Festival, Begini Pesan Wali Kota

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA— Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan menggelar kegiatan bertajuk South Jakarta Youth Festival di Bumi Perkemahan Ragunan, Jalan Harsono RM, Ragunan, Pasar Minggu. 

Ajang South Jakarta Youth Festival merupakan terobosan besar yang dilakukan PMI Jakarta Selatan untuk menumpuhkan jiwa sosial dan ketrampilan kepalangmerahan bagi para remaja.

Kegiatan yang bersamaan dengan Bulan Dana PMI ini digagas oleh Ketua PMI Jakarta Selatan, Abdul Haris sebagai salah satu komitmen pengabdiannya di bidang sosial-kemasyarakatan.

Selain diisi beragam perlombaan, pada kesempatan tersebut dilantik sebanyak 5617 pelajar sebagai anggota Palang Merah Remaja (PMR).

“Kegiatan ini menjadi bagian dari PMI Jaksel untuk mewujudkan generasi emas pada 2045,” ujar Abdul Haris, Minggu (29/10/2023).

Pelantikan dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin 

Baca juga: Gandeng PMI Kabupaten Bogor, Citra Swarna Group Gelar Donor Darah di Cileungsi

Munjirin berharap, para anggota PMR yang telah dilantik dapat menerapkan jiwa sosial, baik di lingkungan tempat tinggal maupun sekolah.

“Untuk mematri jiwa sosialnya, PMR harus terus dilibatkan dalam segala kegiatan sosial dan kebencanaan di masyarakat. Jadi, PMR ini akan sangat berguna bagi masyarakat,” ujarnya, Minggu (29/10). 

Sementara itu, Abdul Haris menambahkan, kegiatan yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter kepalangmerahan ini diikuti pelajar mulai dari tingkat Mula (SD), Madya (SMP) dan Wira (SMA). 

Haris menuturkan, sebelum dilantik, para anggota PMR ini telah mengikuti kegiatan pelatihan selama dua hari, mulai dari 28-29 Oktober 2023.

Baca juga: Jusuf Kalla Bilang Lewat PMI Akan Usahakan Evakuasi 15 WNI di Jalur Gaza

Materi pelatihan yang diberikan berupa pengenalan bencana, pertolongan pertama, kepemimpinan, remaja sehat peduli sesama serta lomba kepalangmerahan.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini pihaknya juga bekerja sama dengan BPBD DKI Jakarta dan Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan. 

Baca Juga  Titik Panas Indikasi Karhutla di Kaltim Bertambah, dari 156 Jadi 162

“Saya harap ekstrakurikuler PMR di sekolah semakin dikembangkan, sehingga dapat bermanfaat bagi orang banyak,” tandasnya. 

Dalam pelantikan sendiri, H. Haris menyebutkan digabungkan dengan perlombaan sekaligus pembagian hadiah.

“Hadiah kita berikan tidak jauh dari kebutuhan PMR nantinya. Juga dalam lomba itu kita uji kemampuan kompetisi agar mereka dapat menakar seberapa besar kemampuan serta juga menguji keterampilan,” paparnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *