Polda Metro Harap Masyarakat Uji Emisi Kendaraan untuk Tekan Polusi Udara Jakarta

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggencarkan uji emisi terhadap kendaraan bermotor setelah polusi udara Jakarta masuk yang terburuk di dunia. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Doni Hermawan mengatakan upaya  penegakan aturan uji emisi kendaraan terus digodok dan disosialisasikan. 

“Sudah beberapa waktu kita sudah berjalan dengan Dishub DKI, sudah melaksakanan kegiatan uji emisi transportasi publik,” ujar Doni di Polda Metro Jaya, Jumat, 18 Agustus 2023.

Rencana pemberlakuan tilang terhadap kendaraan bermotor yang belum lulus uji emisi pun sudah disampaikan. Doni Hermawan menyebut ketentuan penilangan itu sudah ada dan akan terus disosialisasikan.

Namun lokasi penilangan itu belum dipastikan di mana saja. “Mudah-mudahan dengan situasi polusi udara yang cukup tinggi menjadi kesadaran masyarakat untuk menguji kendaraannya untuk uji emisi dalam kondisi baik,” kata Doni.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan tilang emisi tak kunjung diterapkan karena DLH, bersama Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya belum siap.

Iklan

Sebelum merealisasikan sanksi tilang emisi ini, Dinas Lingkungan Hidup DKI akan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya pada kegiatan Operasi Patuh Jaya.

Menurutnya sanksi tilang terhadap kendaraan yang belum dan tidak lulus uji emisi ini akan diterapkan secepatnya. “Harus tahun ini, secepatnya karena memang ini akan terus ada rapat-rapat komunikasi dengan teman-teman Polda Metro Jaya dan Pemda di sekitar Jabodetabek, terutama yang memang masuk dalam wilayah kerja Polda Metro Jaya,” tutur Asep Kuswanto, Jumat, 11 Agustus 2023.

Pilihan Editor: Udara Jakarta Buruk, Heru Budi Sebut Uji Emisi akan Diperketat



Quoted From Many Source

Baca Juga  Harusnya Pergi ke Mesir, Menko Muhadjir Effendy Siap Hadiri Sidang Sengketa Pilpres 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *