Rangkaian Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, Dimulai dengan Kirab Budaya

TEMPO.CO, Jakarta – Beberapa hari menjelang upacara Detik-detik Proklamasi untuk memperingati HUT RI ke-78 pada 17 Agustus mendatang terus dilakukan. Kepala Staf Komando Garnisun Tetap (Kaskogartan) I Jakarta Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani mengatakan progres persiapan upacara 17 Agustus telah sampai 90 persen.

“Kalau saya bilang ini 90 persen sudah bagus. Hanya yang belum kita ketahui siapa pemain utamanya, pembawa baki (bendera) siapa, komandan upacara siapa, yang pagi siapa, yang sore siapa, nanti baru diketahui pada hari H,” kata Arkamelvi, Selasa, 15 Agustus 2023.

Rangkaian acara peringatan HUT RI ke-78

Arkamelvi mengatakan sebelum pelaksanaan acara inti berupa upacara pengibaran bendera pusaka di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, ada sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan dimulai dengan prosesi kirab budaya dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Tahun ini, jalur kirab diperpanjang dari area Cawan Monas menuju Perempatan Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Medan Merdeka Selatan. Di sekitar Patung Arjuna Wijaya, kirab melalui beberapa kantor kementerian menuju Istana.

Dalam iring-iringan kirab tersebut, perwakilan Tim Purna-Paskibraka akan turut serta menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa untuk membawa Bendera Merah Putih dan naskah asli Teks Proklamasi. Duplikat bendera dan naskah asli Teks Proklamasi kemudian diserahkan untuk diletakkan di mimbar kehormatan di Istana Merdeka.

Kereta Kencana Ki Jaga Rasa akan diiringi pasukan berkuda dan pasukan marching band korps TNI-Polri. “Kirab diikuti drum band dari Akademi TNI-Polri. Kemudian di belakangnya ada pasukan berkuda dari Detasemen Kavaleri Berkuda TNI AD, kemudian di belakangnya lagi ada raja-raja Nusantara dari 38 provinsi di Indonesia,” kata Arkamelvi.

Iklan

Selain itu, kirab ketika gladi bersih diikuti siswa SMAN 3 Jakarta Selatan dan SMAN 4 Jakarta Pusat serta ibu-ibu dari asosiasi kebaya yang memakai pakaian tradisional.

Baca Juga  Shin Tae-yong Belum Bisa Turunkan Shayne Pattynama dan Ramadhan Sananta saat Lawan Australia

Dimulainya upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditandai dengan dentuman tembakan meriam. Prosesi dilanjutkan dengan serangkaian prosesi yang dipimpin inspektur upacara mulai dari Mengheningkan Cipta, pembacaan doa oleh Menteri Agama dan pengibaran Bendera Merah Putih.

Pada gladi kotor, pengibaran bendera dilakukan 76 anggota Purna-Paskibraka, yang mewakili 38 provinsi di Indonesia dengan setiap provinsi diwakili dua orang.Paskibraka mengibarkan bendera latihan berwarna kuning-hijau diiringi lagu Indonesia Raya yang dimainkan “marching band”.

Saat pelaksanaan upacara nanti, akan ada juga penampilan lagu-lagu oleh orkestra dan paduan suara Gita Bahana Nusantara serta aksi terbang lintas (fly pass) oleh prajurit TNI AU.

Upacara peringatan HUT RI ke-78 dijadwalkan pada Kamis, 17 Agustus 2023 sekitar pukul 09.00 WIB di Istana Merdeka. Upacara tahun ini kemungkinan menjadi upacara HUT RI yang terakhir digelar di Jakarta, karena tahun depan Presiden Joko Widodo menargetkan untuk mengadakan upacara di ibu kota negara baru Nusantara di Kalimantan Timur.

Pilihan Editor: Link dan Cara Daftar Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Negara



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *