Rayakan Industri Kopi Indonesia, Dinas Parekraf DKI Jakarta Hadirkan JICC di Sarinah

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta dan Indonesia Gastronomy Network (IGN) menggelar Jakarta International Coffee Conference (JICC) pada 17-19 November 2023.

Berbagai acara menarik mulai dari ICC League Jakarta-Indonesia Barista Championship, hingga pameran kopi maupun pertunjukan hiburan musik Soundspresso digelar di Gedung Sarinah Jakarta.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Pertama mengatakan JICC salah satu bentuk sinergi pemerintah bagi industri kopi karena Indonesia produsen kopi terbesar keempat di dunia.

“Hal ini jadi dorongan bagi pemerintah untuk memberikan dukungan lebih kepada pelaku industri kopi Indonesia supaya tidak hanya berjaya di negeri sendiri tapi juga mampu berkompetisi di kancah dunia,” ujar Andhika, Jumat (17/11/2023).

Baca juga: Kalahkan Pasangan Malaysia, Arya Saloka dan Ziva Magnolya Juara Ganda Campuran di Tepok Bulu 2023

Selain itu juga bertujuan memperkuat ekosistem industri kopi Indonesia yang siap berkompetisi dan berkolaborasi pada tingkat Internasional dengan seluruh pelaku industri kopi dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan perhelatan JICC membuat Indonesia sebagai negara 5 besar dunia sebagai pengekspor kopi harus meningkatkan kualitas.

“Indonesia harus meningkatkan kualitas maupun keberlanjutan budidaya kopi dengan target meningkatkan ekspor di atas 27 miliar US dollar serta menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru di 2024,” ucapnya.

Founder & Chairman Indonesia Gastronomy Network, Vita Datau menjelaskan acara JICC memberikan pengetahuan mengenai dampak keberlanjutan industri kopi dalam kesejahteraan petani kopi dan kualitas biji kopi itu sendiri.

Ada juga dampak besar bagi sektor ekonomi di Indonesia, dari segi produksi, ekspor, maupun impor. Hal ini menjadi wadah bagi para pelaku usaha dan konsumen menggali wawasan kopi.

Baca juga: Mendorong Penulis Muda, Buah dari Kopdarnas Komunitas Penulis Katolik Deo Gratias di Yogyakarta

Baca Juga  Prakiraan Cuaca Jakarta dan Kepulauan Seribu 11 Mei 2024 Cerah Berawan dan Sedikit Hujan

“JICC salah satu cara agar masyarakat Indonesia paham industri kopi mempunyai peran besar dalam sektor ekonomi negara kita. Salah satunya mensejahterakan petani kopi yang bukan hanya tanggung jawab industri, tetapi juga masyarakat,” katanya.

Ketua Pelaksana JICC Ahmad Romero Comacho menambahkan bahwa Industri kopi Indonesia tak lepas dari sektor industri kreatif lainnya.

“Kopi Indonesia kental dengan budaya yang terbentuk pada masyarakat Indonesia. Jadi, kita mau tunjukkan ke dunia bahwa meminum kopi itu bukan sekedar hanya minum kopi,” kata Founder Pasar Kopi Cipete dan Jakarta Coffee Experience.

Jakarta International Coffee Conference (JICC) ingin memberi panduan dan kesadaran khusus terkait teori dan aksi nyata yang dapat dilakukan untuk mengetahui lebih dalam proses hulu ke hilir industri kopi. 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *