Relawan Jokowi se Jatim Dukung Prabowo Dinilai Hanya Manuver Murahan

TEMPO.CO, Surabaya – Jaringan Arek Ksatria Airlangga, salah satu organ relawan pendukung Presiden Jokowi di Surabaya, menilai pernyataan koordinator Relawan Jokowi se-Jawa Timur, Afifudin, bahwa seluruh relawan di provinsi tersebut mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024 hanya klaim semata. Teguh mempertanyakan peran mereka mendukung Jokowi saat Pemilu 2019.

“Mereka ini siapa? Saya tanya ke kawan-kawan relawan 2019 tidak ada yang kenal. Tidak ada jejak rekamnya di Pemilu 2019,” kata koordinator Jaringan Arek Ksatria Airlangga Teguh Prihandoko saat dihubungi, Senin, 7 Agustus 2023.

Menurut Teguh tak sulit membentuk komunitas relawan dan menyatakan dukungan pada calon presiden tertentu. Namun sejauh mana jejak rekam mereka dalam mendukung capres, kata Teguh, itu yang harus dicermati.

“Saya juga tidak yakin relawan Jokowi se-Jatim mendukung Prabowo. Buktinya Pro-Jokowi (Projo) Jatim arah dukungannya ke Ganjar Pranowo,” ujar Teguh.

Teguh mencontohkan seorang relawan berinisial T pernah mengajaknya pergi ke Solo untuk menemui Prabowo bersama-sama relawan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di sebuah rumah makan beberapa waktu lalu. Namun tawaran itu ditolak Teguh.

Alasannya, sebelum merapat ke Prabowo, T dan kelompoknya yang bernama Sapu Lidi, pernah mengusung isu Jokowi tiga periode pada 2022. “T itu enggak muncul di tahun 2019 saat kami mendukung Jokowi, tahu-tahu kok membawa isu Jokowi tiga periode. Saya menolak diajak bergabung karena presiden tiga periode itu kan menyalahi undang-undang,” tutur Teguh.

Sebelumnya, Afifudin mengklaim bahwa masyarakat dari berbagai elemen semakin bergelombang memberikan dukungan pada Prabowo Subianto melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Afifuddin mengatakan dukungan tersebut disampaikan saat deklarasi para relawan Jokowi mendukung bakal capres Prabowo di Ponorogo, Jatim, Ahad kemarin. Deklarasi tersebut dihadiri berbagai simpul wilayah Jawa Timur di antaranya Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Tulungagung, Blitar, Trenggalek, Kediri, dan se-Mataraman.

Baca Juga  Taman Viaduk Diduga jadi Tempat Kumpul LGBT, Wali Kota Minta Disiapkan Mobil Kerangkeng

Iklan

“Kami menangkap pesan restu dari Pak Jokowi atas dukungan Pak Prabowo,” kata Afifuddin dalam keterangannya di Surabaya, Senin, 7 Agustus 2023.

“Kami sebagai pengikut setia, menyatukan tekad, meluruskan niat, dan mensolidkan suara memberikan kepada Pak Prabowo Subianto untuk meneruskan estafet kepemimpinan sebagai Presiden 2024-2029,” kata Afif.

Koordinator Laskar Ganjar Pranowo Jawa Timur Saleh Ismail Mukadar berujar relawan Jokowi yang telah punya nama, seperti Projo, Bara JP, Seknas Jokowi dan lain-lain patut dipercaya. Namun terhadap kelompok relawan yang masih asing di telinga, Saleh menduga hal itu hanya bentuk manuver murahan.

“Seperti yang mereka lakukan di Solo beberapa waktu lalu ketika Prabowo bertemu Gibran,” kata mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Surabaya itu.

Saleh juga curiga pernyataan pengamat politik Rocky Gerung yang menghina Jokowi bagian dari cara tim sukses Prabowo untuk membuat kegaduhan di masyarakat. “Karena menurut teori Prabowo, semakin masyarakat gaduh akan semakin mudah untuk ‘dirampok’,” kata Saleh yang juga pernah menjadi Ketua Umum Persebaya Surabaya.

Pilihan Editor: Relawan Jokowi se-Jawa Timur Dukung Prabowo di Pilpres 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *