Sebelum Meninggal Dunia, Rizal Ramli Ternyata Hadir di Acara Ulang Tahun Luhut Binsar Pandjaitan

WARTAKOTALIVE.COM – Sebelum jatuh sakit dan meninggal dunia, pakar ekonomi Rizal Ramli menyempatkan diri untuk hadir di ulang tahun Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Kenangan terakhir dengan Rizal Ramli itu diceritakan oleh Luhut Binsar Pandjaitan di media sosial Kamis (4/1/2024).

Luhut menceritakan sudah mengenal Rizal Ramli selama 30 tahun. Saat itu Rizal Ramli baru menyelesaikan sekolah doktoralnya di Boston University, Amerika Serikat pada tahun 1990an.

Namun, perkenalan intensif baru terjadi sejak mereka berdua sama-sama menjadi anggota Kabinet Persatuan Nasional dalam pemerintahan Presiden RI ke-4, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Saat itu, Rizal Ramli ditunjuk sebagai Menko Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin) sementara Luhut sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Nasib kemudian mempertemukan Luhut dan Rizal kembali ketika di tahun 2015. Ketika itu Rizal Ramli mendapat mandat dari Presiden Jokowi menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber Daya.

Saat itu Luhut merasa senang karena kembali menjadi satu tim dengan Rizal Ramli.

Namun selama menjadi satu tim dan rekan kerja, keduanya kerap terlibat cekcok. Hal itu karena Luhut dan Rizal sama-sama memiliki karakter yang terbuka.

Sehingga keduanya kerap berdebat kencang di antara satu sama lainnya.

“Kalau boleh jujur, saya dan Rizal memiliki karakter yang sama-sama terbuka. Karena itulah kami kerap berbeda pendapat dan berdebat kencang, tak jarang juga perdebatan itu dibumbui dengan kata-kata yang sedikit aneh,” tulis Luhut.

Namun kata Luhut, apabila rapat sudah selesai, mereka kembali lagi menjadi sahabat karib.

Menurut Luhut, persahabatan yang baik memang harus seperti itu, meski ada perbedaan pendapat di tengah-tengah tapi tidak perlu lah saling bermusuhan.

Maka dari itu, ketika mendapat kabar duka tentang wafatnya Rizal Ramli, Luhut begitu sedih dan memutuskan untuk langsung menuju kediaman Rizal selepas mendarat di Jakarta.

Baca Juga  Besok 1.200 Jaringan Alumni HMI akan Deklarasikan Dukungan untuk Prabowo di Pilpres 2024

Saat bertemu dengan anak-anak Rizal Ramli, kesedihan Luhut semakin tak terbendung mengingat hubungan baik yang selama ini mereka jalin.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *