Wacana Debat Istri Paslon Pilpres 2024 Disambut Positif, Bisa Digelar dengan Format Santai

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Belakangan ini beredar kabar Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat istri capres dan cawapres peserta Pemilu 2024.

Namun, kabar ini dipastikan hoaks, karena dalam UU Nomor 17 Tahun 2017 dan PKKPU Nomor 15 Tahun 2023 tidak ditemukan aturan maupun keterangan adanya debat istri para paslon di Pemilu 2024.

Walau begitu, wacana debat istri sebagai bagian dari keluarga para paslon Pemilu 2024 sejatinya bisa saja dilakukan secara non formal.

Kemudian dikemas dalam sebuah diskusi santai sebagai cara populis untuk mempopulerkan paslon.

Hal seperti ini sudah pernah digelar dalam kemasan santai. Memang bukan istri-istri paslon, tapi putri capres nomor urut satu, Anies Baswedan yakni Mutiara Annisa Baswedan dan putra capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo yakni Muhammad Zinedine Alam Ganjar.

Mereka hadir dalam acara ‘MikirSantai PlayDay’ di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Soal ini, caleg perempuan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Jawa Barat (Jabar) 3, Camellia Panduwinata menyambut baik jika wacana debat/diskusi istri paslon Pemilu 2024 secara non formal ini digelar.

“Sah-sah saja sih jika ingin mengadakan debat atau diskusi istri-istri capres atau cawapres. Mungkin publik nantinya bisa melihat bagaimana cara atau kesiapan para pendamping ini untuk menyertai sang suami mengemban tugas-tugasnya dalam melaksanakan visi misinya untuk negeri ini,” kata perempuan yang akrab disapa Camel Petir ini.

Camel yang yang juga selebriti ini melihat, acara semacam itu tidak akan mengalihkan perhatian dari isu-isu kunci yang berkaitan dengan kepemimpinan.

“Acara seperti ini bisa memberikan wawasan tambahan tentang karakter dan kapabilitas pendamping calon pemimpin, walau fokus publik tetap pada kemampuan dan visi misi dari calon pemimpin itu sendiri,” kata Camel dari keterangannya.

Baca Juga  Pos Indonesian Denies Tie to Rafael Alun Graft Case
Prabowo Subianto di debat capres perdana KPU RI (Warta Kota/Alfian Firmansyah)

Dia menyebut, tema yang menarik untuk debat/diskusi ini dapat mencakup isu-isu sosial, pendidikan, perempuan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. 

Selain itu, juga dapat dibahas mengenai peran dan kontribusi istri calon pemimpin serta visi dan misi mereka dalam mendukung program-program pemerintahan.

Tentang siapa yang paling seru atau paling diinginkan publik untuk diadu pemikirannya, Camel menyebut, hal ini tergantung pada preferensi masing-masing individu.

Dia berujar, setiap istri calon pemimpin memiliki latar belakang, pengalaman, dan pemikiran yang berbeda-beda, sehingga setiap debat atau diskusi dapat menarik perhatian publik dengan cara yang berbeda pula.

“Publik dapat memiliki preferensi berdasarkan pemahaman mereka tentang isu-isu yang relevan dan kemampuan istri calon pemimpin dalam mengatasi tantangan yang ada,” bebernya.

Baca juga: Bawaslu Sudah Terima Laporan Soal Anies Lakukan Candaan Debat Capres di Depan Ulama

Terpisah, mantan presenter berita (anchor) di sejumlah TV nasional, Astri Megatari melihat, keluarga paslon yang di dalamnya ada para istri paslon merupakan sebuah side story yang menarik untuk disajikan pada publik.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *