Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing di Tangerang Dapat Bantuan Kemanusiaan

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) bersama Danone Indonesia memberikan bantuan untuk komunitas pemulung di sekitar TPA Rawa Kucing di Kota Tangerang, Banten yang baru-baru ini terbakar.

Seperti diketahui TPA Rawa Kucing terbakar hebat sejak 20 0ktober dan baru mulai berhasil dipadamkan pada akhir bulan Oktober lantaran diduga terjadi akibat cuaca ekstrem terlalu panas

Dampak akibat kebakaran ini dirasakan warga yang tinggal di sekitar area TPA dan pemulung yang mengumpulkan sampah lantaran terhenti sementara waktu akibat lahan yang terbakar.

Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia mengatakan bantuan kemanusiaan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian terhadap kondisi para pemulung yang terdampak akibat musibah kebakaran di TPA Rawa Kucing.

Baca juga: Ruth Sahanaya dan Harvey Malaihollo Nyanyi Duet di Malam Tahun Baru di Hotel Borobudur Jakarta

“Tidak hanya sebatas memberi bantuan berupa makanan yang layak, air minum untuk kebutuhan hidrasi namun juga memberikan akses kesehatan kepada mereka, sebagai bagian dari program #BijakBerplastik,” ucapnya lewat keterangan, Selasa (7/11/2023).

Danone Indonesia juga memberi bantuan berupa makanan di dapur umum beserta berbagai produk hidrasi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan masyarakat dalam kondisi seperti saat ini.

Berbagai bantuan yang disalurkan itu merupakan bagian dari komitmen #BijakBerplastik Danone Indonesia dalam mengimplementasikan praktik ekonomi sirkular yang inklusif.

“Kami pun berharap agar musibah kebakaran seperti ini tidak terjadi lagi kedepannya,” ucapnya.

Pris Polly D Lengkong, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Ikatan Pemulung Indonesia (BPP IPI), menjelaskan pihaknya juga mendirikan tenda darurat untuk menjadi posko bantuan.

Baca juga: Anwar Usman Masih Jadi Hakim MK, Kubu Ganjar Khawatir Ipar Jokowi Itu Masih Akan Cawe-cawe

“Bantuan seperti ini sangat dibutuhkan oleh para pemulung dalam musibah ini karena merasakan dampaknya, sehingga kami berupaya memberikan dukungan bagi mereka agar kebutuhannya tetap tercukupi,” ucapnya.

Baca Juga  Kisah Inspiratif Wiwi, Buka Usaha Gohyong hingga Viral, Kini Punya Omzet Puluhan Juta Rupiah

Danone Indonesia juga memegang komitmen untuk menghadirkan kebaikan dan kesehatan melalui berbagai produk berkualitas sekaligus menjaga keberlanjutan alam Indonesia dengan berbagai inisiatif sosial dan lingkungannya.

Salah satu tujuan dari komitmen #BijakBerplastik yang kami jalankan adalah untuk membangun ekonomi sirkular yang dapat memberikan dampak ekonomi yang positif bagi para pelakunya,” ujar.

Berdasar data BPBD Kota Tangerang, keseluruhan luas TPA Rawa Kucing sebesar 34.8 hektar, jumlah timbunan sampah di TPA Rawa kucing per harinya sebanyak 1.000 ton/hari. Namun saat ini sebanyak 27 hektar dari keseluruhan lahan terbakar habis.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *